11 Usaha Untuk Mahasiswa Modal Kecil

Spread the love

Sebagai seorang mahasiswa tentunya kalian memerlukan banyak kebutuhan. Terlebih untuk kalian yang memang berkuliah di luar kota. Tentu saja biaya kos, pakaian, transport, makan, dan lainnya akan cukup besar.

Penghasilan Tambahan Untuk Mahasiswa

Melihat banyaknya kebutuhan tadi tentu saja mau tidak mau diharuskan mencari penghasilan tambahan agar semua kebutuhan dapat terpenuhi.

Kabar baiknya sudah banyak pekerjaan yang tersedia untuk para mahasiswa dengan waktu yang lebih fleksibel. Jadi kalian bisa mencari pekerjaan yang disesuaikan dengan jadwal perkuliahan pastinya. Banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan bahkan tanpa perlu kalian beranjak dari kamar kos.

Tidak hanya itu saja bahkan kalian para mahasiswa juga bisa memulai usaha dengan modal yang kecil jika memang ingin mandiri tanpa harus bekerja dengan orang lain.

Ide Usaha Untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa ketika akan memulai sebuah usaha akan dihadapkan dengan yang namanya modal. Namun tenang saja, saat ini sudah banyak jenis usaha yang bisa dijalankan dengan biaya modal sedikit.

1. Menjual barang preloved

Menjual berbagai barang bekas dengan kondisi masih layak digunakan atau preloved merupakan salah satu usaha yang memang pas untuk mahasiswa. Saat ini kalian akan menemukan banyak supplier barang bekas untuk berbagai merek terkenal yang dapat kalian cari.

Nantinya barang yang kalian peroleh tadi dapat dijual kembali dengan cara memberikan sedikit pulasan. Salah satunya dengan cara memperbagus kemasan, merapikannya, dan lainnya.

2. Jasa menulis

Usaha yang pas untuk para mahasiswa lainnya adalah menulis. Walaupun terdengar sederhana serta mudah namun uang yang dihasilkan tergolong lumayan. Kalian dapat menawarkan jasa menulis berupa puisi, cerpen, konten, artikel pada aplikasi freelancer bahkan kalian dapat mempromosikannya untuk teman-teman.

3. Jasa penerjemah

Apakah kalian memiliki kemampuan dalam berbahasa asing? Jika iya maka sudah saatnya untuk menawarkan jasa yang dimiliki. Usaha menjadi seorang penerjemah tidak memerlukan modal bahkan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

4. Fotografer

Memiliki hobi memotret? Jika iya maka bisa membuat hobi yang dimiliki untuk menghasilkan uang. Fotografer ini adalah usaha yang memang pas dilakukan para mahasiswa yang pas untuk di coba selanjutnya.

Bahkan kalian dapat menyesuaikan dengan jadwal kuliah dan pastinya kalian bisa melakukan pengeditan di mana pun.

Lihat juga : Bisnis Kreatif yang Dapat Dijalankan Secara Mobile

5. Shoes cleaner

Usaha ini merupakan usaha yang memang pas dilakukan mahasiswa. Tentunya ada beberapa teman kalian yang memang tidak sempat ataupun terlalu malas mencuci sepatunya.

Melihat hal ini maka kalian dapat menawarkan jasa tersebut namun untuk harganya tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan shoes cleaner yang terkenal. Namun sebelum membuka usaha tadi pastikan terlebih dahulu untuk belajar mencuci sepatu.

6. Snack

Saat sedang kuliah kalian sering membutuhkan snack terlebih jika perkuliahan dilakukan pada pagi hari yang memang kebanyakan dari para mahasiswa belum sempat untuk sarapan. Melihat peluang ini bisa dimanfaatkan dengan cara menjual snack dengan harga terjangkau.

Usaha ini tergolong sederhana namun cocok dilakukan karena tidak terlalu sulit serta modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Bahkan jika kalian berhasil menemukan supplier snack murah bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari sana.

7. Desain

Bisnis selanjutnya yang bisa dilakukan yakni membuka jasa desain. Desain ini beragam seperti stiker, banner, image social media, dan lainnya. Terlebih di kampus memang akan sering diselenggarakan berbagai macam acara.

8. Buku Bekas

Untuk kalian mahasiswa yang termasuk kutu buku pastinya memiliki banyak koleksi buku sampai menumpuk dan usaha yang satu ini sangat pas untuk dilakukan. Namun untuk kalian yang tidak mempunyai banyak buku bekas dapat diakali dengan cara mencari supplier buku bekas untuk nantinya dijual lagi.

9. Jastip

Salah satu usaha berupa jastip merupakan usaha yang cocok terutama jika kalian memang gemar travelling. Bahkan tidak dipungkiri budget travelling dapat tertutup dengan adanya jastip barang ke tempat yang dituju tadi.

10. Bimbingan belajar

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika banyak orang tua dari wali murid mencari mahasiswa untuk nantinya memberikan bimbingan belajar kepada anak-anaknya.

Mahasiswa banyak dipilih karena memang harganya cukup terjangkau jika dibandingkan memasukkan anak ke lembaga bimbingan belajar khusus. Jadi bagi kalian yang memiliki bakat untuk mengajar tidak ada salahnya membuka usaha ini.

11. Perawatan hewan

Saat ini tidak sedikit mahasiswa yang membuka jasa perawatan hewan. Usaha ini bisa dilakukan terlebih lagi jika kalian memang seorang pecinta hewan, telaten, dan cekatan pastinya. Kalian dapat menawarkan jasa ini dan dimulai dengan menjagakan hewan peliharaan milik teman.

Jadi itulah beberapa contoh usaha yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa tanpa modal yang besar. Pilih salah satu dari usaha yang dirasa cukup mudah bagi kalian dan tidak mengganggu jadwal perkuliahan pastinya.