6 Platform Digital Untuk Pemasaran

Spread the love

Untuk saat ini, digital marketing termasuk dalam salah satu strategi pemasaran yang mana banyak dilakukan pemilik usaha. Tidak hanya efektif, strategi marketing ini tergolong mudah untuk dilakukan dan salah satu penentu kesuksesannya yaitu dengan pemakaian platform digital marketing.

Mengenal Platform Digital Marketing

Di era yang serba digital seperti saat ini tentu saja istilah digital marketing mudah untuk kalian temukan. Digital marketing sendiri merupakan kegiatan pemasaran yang memakai media digital untuk tempat promosinya.

Sedangkan untuk platform pemasaran memiliki arti perangkat lunak ataupun solusi online yang berganti membantu pemasaran digital dalam mengelola berbagai aktivitas pemasaran digital yang dilakukan.

Sasaran utama dari platform pemasaran yakni untuk membantu mereka kalian supaya bisa tetap terhubung dengan para pelanggan serta calon pelanggan. Tujuannya agar kalian bisa memberikan pengalaman terbaik untuk setiap titik kontak.

Jadi singkatnya platform pemasaran digital merupakan tempat yang berguna untuk mempromosikan baik jasa maupun produk.

Contoh Platform Digital Marketing

Tentu saja pemilihan platform untuk kegiatan pemasaran termasuk ke tahapan yang tergolong penting di dalam setiap kegiatan bisnis. Tentunya dengan adanya kegiatan pemasaran tadi, kalian dapat membangun produk lewat brand awareness.

Tidak sampai di sana saja, ketika pemilihan media dilakukan secara tepat tentu bisa menghasilkan suatu prospek keberhasilan yang cukup menjanjikan untuk usaha kalian.

Perlu diperhatikan pula bahwa tidak seluruh platform pas untuk diterapkan pada kegiatan pemasaran. Seorang digital marketer penting untuk mengetahui secara baik mengenai macam-macam platform yang ada dilihat pada penargetan, skalabilitas, dan juga biaya pada masing-masing platform.

Bagi yang belum memahami mana platform pemasaran yang bagus untuk digunakan. Maka berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Instagram

Salah satu platform yang banyak digunakan yakni Instagram. Tahukah kalian jika Indonesia masuk di urutan keempat sebagai negara yang banyak menggunakannya. Melalui data tersebut akan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan menjadi lahan bisnis.

Melihat hal itu, sudah banyak pengusaha yang kemudian mempromosikan usahanya lewat platform sosial media ini. Melalui platform tersebut akan ditampilkan iklan berupa reels, video, dan foto yang tentunya dilengkapi informasi seperti daftar harga, komentar, dan deskripsi.

Instagram mempunyai fitur yang tergolong lengkap seperti Instagram Shopping, analisis data, dan lainnya yang memang sangat berguna dalam kegiatan marketing yang dilakukan.

Lihat juga : Menjadi Pengajar Online Tanpa Perlu Investasi Besar

2. E-Commerce

Saat ini telah banyak e-commerce yang dipakai dalam memasarkan produk. Untuk contohnya yakni Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya.

Platform tersebut berguna memudahkan pembeli dan penjual, tersedia fitur semacam keranjang yang memiliki fungsi untuk meletakan produk yang akan dibeli.

3. Facebook

Pengguna Facebook juga tidak kalah banyak dengan pengguna Instagram dikarenakan jumlah penggunanya paling banyak dibandingkan media lainnya.

Maka banyak pemilik usaha yang melakukan promosi melalui platform ini. Umumnya pengguna Facebook tidak hanya melakukan update status saja melainkan dapat mencari informasi ataupun rekomendasi atas suatu produk.

Bahkan saat ini, Facebook mempunyai fitur iklan dan juga tokoh yang sangat memudahkan dalam proses pemasaran produknya.

4. Website

Platform selanjutnya yang dapat digunakan yakni website. Walaupun terdengar klasik namun website termasuk dalam tempat pertama yang berguna untuk mencari suatu informasi.

Pemilik usaha umumnya dapat melakukan proses marketing lewat tulisan memakai informasi yang di dalamnya disisipi oleh promosi.

Walaupun begitu hingga saat ini masih banyak yang memakai website untuk branding supaya bisnisnya mudah dijangkau banyak orang.

5. YouTube

YouTube termasuk ke dalam platform digital yang memang banyak menarik perhatian. Umumnya pemilik usaha akan melakukan kerja sama dengan Youtuber guna memasarkan produknya, tujuannya supaya dapat meningkatkan brand awareness.

Serupa dengan media yang lainnya, YouTube mempunyai fitur iklan yang memang memudahkan bagi pemilik usahanya agar mudah dalam menjangkau banyak orang.

6. TikTok

Sekarang ini, TikTok adalah platform digital marketing yang tengah naik daun. Pemakai TikTok yang ada di Indonesia sangatlah banyak, jadi banyak dari pemilik usaha akan melakukan suatu kegiatan pemasaran pada platform tersebut.

TikTok sekarang ini telah mempunyai fitur iklan yang mana promosinya berbentuk video singkat yang disertai dengan musik. Maka dari itu strategi ini dianggap cukup efektif terutama di dalam kegiatan marketing.

Jadi itulah keenam platform pemasaran yang bisa kalian manfaatkan. Jadi ketika kalian menginginkan usaha ke tahap kesuksesan maka perusahaan perlu memperhatikan usaha yang sungguh-sungguh. Sehingga jangan bergantung pada medianya saja.

Promosikan Usaha Pada Seluruh Platform Digital Marketing

Itulah pembahasan yang perlu diketahui mengenai digital marketing yang memang siap untuk membantu kesuksesan usaha. Memang tidak akan ada salahnya agar pemasaran menjadi lebih maksimal maka pasarkan ke seluruh platform karena mempromosikan hanya pada satu platform saja terkadang kurang maksimal.