Bisnis Kreatif yang Dapat Dijalankan Secara Mobile

Spread the love

Usaha atau bisnis saat ini berkembang sangat pesat apalagi dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Peluang bisnis yang ada saat ini tidak hanya berjalan secara offline saja, namun saat ini berkembang luas dan melebarkan sayapnya secara online melalui jaringan internet.

Adanya perangkat seperti handphone atau smartphone bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan ide bisnis kreatif yang Anda miliki. Hal seperti ini memungkinkan Anda untuk menjalankan semua ide bisnis kreatif yang Anda miliki secara mobile.

Selain itu, dengan adanya kecanggihan seperti ini, Anda tidak perlu lagi jauh-jauh menemui konsumen yang hendak membeli produk yang Anda tawarkan. Secara eksplisit, Anda dapat menjalankan bisnis yang Anda jalankan kapan saja dan juga di mana saja Anda berada.

Beberapa Ide Bisnis Kreatif yang Dapat Dijalankan Secara Mobile

Jika Anda tertarik untuk merintis bisnis secara mobile, tentu Anda harus memahami bisnis apa saja yang sesuai. Berikut di bawah ini ada beberapa jenis ide bisnis kreatif yang dapat dijalankan secara mobile dan mungkin saja bisa menjadi salah satu referensi bisnis untuk Anda.

1. Jasa fotografi serta editing

Jika Anda menggemari dunia fotografi dan memiliki kemampuan dalam bidang tersebut, Anda dapat memulai usaha jasa fotografi serta editing secara mobile. Anda dapat menggunakan ponsel pintar yang Anda miliki sebagai alat untuk mengambil foto dengan kualitas tinggi.

Selain untuk fotografi, handphone yang Anda miliki juga dapat Anda fungsikan untuk melakukan editing selepas pengambilan foto. Terdapat beberapa jenis jasa pemotretan yang dapat Anda tawarkan seperti private, product atau wedding photoshoot, hingga jasa editing foto.

2. Jasa pembelajaran online

Jika Anda mumpuni pada satu bidang keahlian tertentu, Anda dapat memaksimalkan kemampuan Anda dengan menjadi seorang pengajar online. Anda dapat memilih platform belajar online menggunakan handphone yang Anda miliki.

Unggah profil pengajar Anda serta beberapa materi-materi pembelajaran sesuai bidang keahlian Anda. Tentukan tarif yang Anda inginkan dan jangan lupa untuk memberikan materi yang mudah dipahami untuk calon siswa online yang berminat belajar dengan Anda.

3. Penjualan produk buatan tangan

Jika Anda memiliki bisnis cendera mata buatan tangan atau handmade, Anda dapat melakukan penjualan dengan mudah melalui handphone yang Anda miliki. Apalagi saat ini telah berkembang beragam e-commerce yang dapat membantu memasarkan produk Anda.

Untuk menarik minat pembeli, sebelum Anda melakukan postingan di halaman e-commerce, usahakan Anda melakukan pengambilan foto produk dengan angle terbaik. Hal ini perlu Anda lakukan agar banyak orang berminat pada produk handmade yang Anda tawarkan.

Lihat juga : 11 Usaha Untuk Mahasiswa Modal Kecil

Jasa penulisan konten

Jika Anda memiliki kemampuan di atas rata-rata pada bidang penulisan, tidak ada salahnya jika Anda membuka peluang usaha sebagai jasa penulisan konten. Hal ini lebih baik daripada Anda menyembunyikan kemampuan menulis yang Anda miliki.

Anda bisa memulai usaha Anda dengan mencoba menjadi seorang penulis lepas. Tawarkan diri Anda pada klien-klien Anda dan jabarkan kemampuan Anda dalam menulis blog, artikel hingga website content dengan hasil tulisan yang berkualitas.

Dengan beberapa contoh ide kreatif di atas, diharapkan Anda dapat membuka peluang bisnis dan usaha secara mobile sesuai dengan kebutuhan dan keahlian yang Anda miliki. Jika Anda memiliki niatan yang tinggi dan berusaha dengan keras, pada akhirnya Anda sendiri yang akan menikmati hasil jerih payah Anda.

Manfaat membuka Bisnis Kreatif Secara Mobile

Jika Anda memanfaatkan peluang membuka bisnis kreatif, pada dasarnya terdapat banyak sekali manfaat signifikan yang dapat Anda peroleh. Beberapa manfaat yang dapat Anda temukan dengan membuka bisnis kreatif dengan menggunakan smartphone dapat Anda simak di bawah ini.

1. Memperluas target pasar

Dengan berbisnis secara mobile atau dengan menggunakan smartphone, target pasar yang Adna fokuskan akan berkembang menjadi lebih luas. Hal ini menyebabkan penjualan produk atau jasa Anda dapat meningkat secara signifikan dalam waktu yang cepat.

2. Biaya operasional yang cenderung lebih rendah

Dengan menjalankan bisnis secara mobile, Anda dapat berbisnis dari rumah Anda tanpa perlu memiliki kantor. Ini tentu akan menghemat biaya operasional yang Anda keluarkan. Anda dapat mengalokasikan biaya operasional tersebut untuk anggaran bisnis yang jauh lebih penting.

3. Promosi produk menjadi lebih mudah

Melakukan bisnis secara mobile memungkinkan Anda melakukan promosi secara daring pula. Anda dapat memanfaatkan akun media sosial media yang Anda miliki sebagai ajang promosi produk yang Anda jual. Anda dapat pula meminta teman-teman Anda merekomendasikan produk yang Anda tawarkan kepada para pengikutnya di media sosial.

Pada dasarnya terdapat banyak sekali manfaat yang dapat Anda petik dengan memulai bisnis kreatif menggunakan handphone. Selain lebih efektif dan efisien dari segi biaya, tenaga serta waktu, Anda juga dapat memperluas jaringan pasar yang sudah Anda targetkan sebelumnya.